Selasa, 21 November 2017

System Reward and Motivation



System Reward and Motivation

 Selasa, 21 November 2017
A. Pengertian Penghargaan
Menurut (Tohardi, 2002:317), Penghargaan adalah ganjaran yang diberikan untuk memotivasi para karyawan agar produktivitasnya tinggi.
Menurut Mulyadi dan Setyawan (2001:227), Sistem penghargaan merupakan salah satu alat pengendali penting yang digunakan oleh perusahaan untuk memotivasi personelnya agar mencapai tujuan perusahaan dengan perilaku sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan.
Pengertian menurut penulis, Penghargaan adalah imbalan yang diberikan dalam bentuk material dan non material yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada karyawannya agar mereka dapat bekerja dengan motivasi yang tinggi dan berprestasi dalam mencapai tujuan-tujuan perusahaan.
B. Kriteria Penghargaan
1. Penghargaan harus dihargai oleh penerima
2. Penghargaan harus cukup besar untuk dapat memiliki dampak
3. Penghargaan harus dapat dimengerti oleh penerima
4. Penghargaan harus diberikan pada waktu yang tepat
5. Dampak penghargaan harus dirasakan dalam jangka panjang
6. Penghargaan harus dapat diubah
C. Manfaat Penghargaan
1. Memberikan motivasi
2. Memberikan informasi
D. Jenis Penghargaan
1. Sistem Penghargaan Intrinsik, Penghargaan yang bersifat internal atau dirasakan secara individu yang biasanya diperoleh pada suatu aktivitas atau tugas tertentu, misalnya perasaan puas.
2. Sistem Penghargaan Ekstrinsik, Sistem penghargaan ekstrinsik mencakup penghargaan finansial maupun non-finansial, baik secara kualitas maupun kuantitas.
E. Pengertian Motivasi
Menurut Mathis & Jackson (2006), motivasi merupakan hasrat di dalam seseorang menyebabkan orang tersebut melakukan suatu tindakan. Oleh sebab itu, motivasi merupakan penggerak yang mengarahkan pada tujuan.
Menurut Martoyo (2000) motivasi pada dasarnya adalah proses untuk mencoba mempengaruhi seseorang agar melakukan yang kita inginkan. Dengan kata lain adalah dorongan dari luar terhadap seseorang agar mau melaksanakan sesuatu. Dengan dorongan (driving force) disini dimaksudkan desakan yang alami untuk memuaskan kebutuhan-kebutuhan hidup, dan kecendrungan untuk mempertahankan hidup. Kunci yang terpenting untuk itu tak lain adalah pengertian yang mendalam tentang manusia.
F. Teori Motivasi
1. Teori Hierarki Maslow
Teori ini dikemukakan oleh Abraham H. Maslow yang menyatakan bahwa manusia dimotivasi untuk memuaskan sejumlah kebutuhan yang melekat pada diri setiap manusia yang cenderung bersifat bawaan. Kebutuhan ini terdiri dari lima jenis dan terbentuk dalam suatu hirarkhi dalam pemenuhannya (hierarchy of needs). Yaitu :
a.       Kebutuhan fisik (physiological needs)
b.        Kebutuhan rasa aman (safety needs)
c.       Kebutuhan sosial (social needs)
d.       Kebutuhan pengakuan (esteem needs)
e.       Kebutuhan aktualisasi diri (self-actualization needs), dorongan untuk menjadi seseorang.
G. Teori 2 Faktor
Teori yang dipelopori oleh Frederick Herzberg ini merupakan teori yang berhubungan langsung dengan kepuasan kerja.
1. Hygiene Factor

  • Gaji


  •  Lingkungan kerja

  •   Aturan perusahaan
2. Motivator
  • Pencapaian
  • Tanggung jawab
  • Pertumbuhan
H. Teori David Mc Clelland’s
1. Need For Achievement, yaitu pencapaiannya.
2. Need For Affiliation, yaitu kebutuhan pertemanan.
3. Need For Power, yaitu kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu.
I. Tujuan Motivasi Kerja pada Karyawan
1. Mengubah perilaku karyawan sesuai dengan keinginan perusahaan
2. Meningkatkan gairah dan semangat kerja
3. Meningkatkan disiplin kerja
4. Meningkatkan prestasi kerja
5. Meningkatkan rasa tanggung jawab
6. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi
7. Menumbuhkan loyalitas karyawan pada perusahaan.





SUMBER
Zurasaka. “Manajemen Reward”. https://zurasaka.wordpress.com/2008/11/25/manajemen-reward/ (diakses pada 16 November 2017)
Sanjaya, Ade. “Pengertian Penghargaan (Reward) Kriteria Manfaat dan Jenis Definisi Menurut Para Ahli”. http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-penghargaan-reward-kriteria.html (diakses pada 16 November 2017)
Elqorni, Ahmad. ”Teori Motivasi dalam Manajemen SDM”. https://elqorni.wordpress.com/2009/03/21/teori-motivasi-dalam-manajemen-sdm/ (diakses pada 16 November 2017)
Shabrina, Reza. ”Teori-teori Motivasi Menurut Para Ahli”. http://dosenpsikologi.com/teori-teori-motivasi (diakses pada 16 November 2017)
HR.Diktat LondonUniversity

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

System Reward and Motivation

System Reward and Motivation  Selasa, 21 November 2017 A. Pengertian Penghargaan Menurut (Tohardi, 2002:317), Penghargaan adala...